Sejarah Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus

Sejarah Bank Mini Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus


Berdirinya Bank Mini Syariah atas dasar kerjasama FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) IAIN kudus dengan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. Kerjasama tersebut merupakan salah satu bentuk tekad untuk menjadikan Islam sebagai landasan gerak dan nafas kehidupan, serta menunjukkan bahwa Ekonomi Islam sebagai sebuah sistem yang sempurna dalam menghadapi tuntutan zaman.


Bank Mini Syariah merupakan wadah kegiatan perbankan yang diadakan di kampus, kegiatan ini seperti bank umumnya, Bank Mini Syariah menampung dana dari mahasiswa serta seluruh sivitas yang ada, juga bisa untuk melayani pinjaman terhadap individu sivitas. Bank Mini Syariah secara resmi dilaunching pada tanggal 28 September 2017 dan diresmikan oleh Rektor IAIN Kudus, Kepala Regional PT. Bank Syariah Indonesia wilayah Jawa Tengah, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Semarang Bank Indonesia (BI), dan Kepala Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Semarang.


Dengan adanya BMS (Bank Mini Syariah) dapat membangun lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkesinambungan dengan penekanan pada semangat kewirausahaan berdasarkan prinsip kehati-hatian, keunggulan sumber daya manusia yang islami dan professional serta orientasi investasi yang inovatif, untuk memaksimalkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan.