KreSyaMa (Kredit Syariah Mahasiswa) Menggunakan Akad Mudharabah Pada Bank Mini Syariah FEBI IAIN Kudus



KreSyaMa (Kredit Syariah Mahasiswa) Menggunakan Akad Mudharabah Pada Bank Mini Syariah FEBI IAIN Kudus


Ingin tahu apa itu KreSyaMa?

KreSyaMa (Kredit Syariah Mahasiswa) atau lebih dikenal dengan Pinjaman Syariah adalah kredit atau pinjaman yang disediakan oleh lembaga keuangan dengan sistem transaksi berlandaskan syariat agama Islam. Dalam sistem syariah, seluruh aktivitas keuangan mulai dari akad sampai imbal jasa disesuaikan dengan prinsip syariah.


Fitur dan Benefit

1. Pembiayaan dengan Prinsip Syariah

KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus merupakan fasilitas pembiayaan sesuai dengan prinsip Syariah dengan menggunakan akad Murabahah. Akad Mudharabah didalam KreSyaMa yaitu sistem pinjaman syariah dimana pihak pemberi pinjaman akan memberikan sejumlah modal kepada nasabah yang memiliki usaha. Di akhir nanti, terdapat pembagian keuntungan dengan besaran sesuai kesepakatan. Akad ini biasanya dilakukan bank syariah saat memberikan bantuan dana pada pelaku usaha.

2. Kepastian Angsuran

Dengan margin yang sudah disepakati di awal, maka besar angsuran nasabah perbulan sudah disepakati bersama dan besar angsurannya akan tetap sama/ pasti sampai dengan jangka waktu pembiayaan berakhir. Jangka waktu sampai dengan 1 Tahun

Keuntungan KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus

Bagi nasabah, ada beberapa keuntungan Kredit Syariah Mahasiswa yang bisa didapatkan, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pelayanan Lebih Intens

Fasilitas yang ditawarkan lembaga keuangan syariah tidak jauh berbeda dari fasilitas produk keuangan konvensional. Akan tetapi karena nasabah syariah lebih sedikit dibanding konvensional, maka pelayanan yang Anda dapatkan akan lebih intens.

2. Dijamin Halal

Sistem pinjaman syariah tanpa riba sehingga dijamin halal oleh agama Islam. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin lebih total dan hati-hati dalam bermuamalah sesuai tuntunan agama.

3. Sistem Akad yang Meringankan

Selain bebas riba, akad pinjaman syariah juga mengharuskan adanya pembagian risiko keuangan. Apabila terjadi permasalahan di tengah proses pelaksanaan akad, pihak bank umumnya akan membantu nasabah syariah memecahkan masalah tersebut.

4. Berzakat

Faktanya, sebagian keuntungan dari produk keuangan syariah akan dialokasikan untuk zakat. Alokasi keuntungan untuk kegiatan zakat dan sedekah umumnya 2,5% dari total keuntungan. Sehingga saat menjadi nasabah syariah, Anda bukan hanya mendapat kemudahan finansial. Tapi, sebagian transaksi Anda juga akan menjadi pahala ibadah.

Sasaran KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus

Kredit Syariah Mahasiswa ditujukan kepada para Mahasiswa IAIN Kudus khusunya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan berlandaskan syariat islam KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus mempunyai tujuan tertentu bagi para Mahasiswa, diantaranya :

1. KreSyaMa memberikan pinjaman kepada Mahasiswa Aktif yang ingin membuka usaha

2. KreSyaMa memberikan pinjaman kepada Mahasiswa untuk pembayaran UKT


KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus dapat diajukan oleh

Mahasiswa Aktif IAIN Kudus (Terkhusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus)

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Pengajuan KreSyaMa BMS FEBI IAIN Kudus

1. Dokumen pribadi (KTP/KTM)
2. Dokumen usaha (Bagi Mahasiswa yang mau berwirausaha)
3. Surat tanda pinjaman bermaterai yang ditanda tangani oleh orang tua.